Thursday, September 8, 2011

Ringworm pada kucing- Gejala dan penyembuhannya

Kurap/Ringworm adalah infeksi jamur kulit yang paling umum terlihat pada kucing. Bertentangan dengan namanya, kurap/ringworm disebabkan oleh sekelompok organisme mikroskopis jamur parasit yang dikenal sebagai dermatofit (yang berarti "tumbuhan yang hidup di kulit"). Kurap menyerang lapisan luar dari cakar kulit yang mati & rambut.



Apakah ada berbagai jenis dermatofit?

Ya ada. Pada kucing, ada tiga jenis yang paling umum dermatofit yang dapat menyebabkan ringworm.

Microsporum gypseum (M. gypseum)

Jenis kurap biasanya dari anjing dan kucing yang menggali ke dalam tanah yang terkontaminasi.

Microsporum canis (M. Canis)

Sumber menyebutkan bahwa spesies ini hampir selalu terdapat pada kucing & menyumbang sekitar 75 - 98% ringworm yang terlihat pada kucing *

Trichophyton mentagrophytes

Spesies ini menginfeksi anjing dan kucing ketika mereka terkena tikus atau liang masuk mereka.

Microsporum canis adalah bentuk paling umum pada ringworm kucing. Hal ini diyakini bahwa hingga 20% dari kucing adalah pembawa asimtomatik. Ini berarti bahwa mereka membawa jamur tetapi tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi.



Apakah kucing tertentu lebih rentan daripada orang lain?


Ringworm lebih sering terjadi pada kucing muda (di bawah usia 12 bulan). Hal ini mungkin disebabkan fakta bahwa sistem kekebalan tubuh mereka belum matang sepenuhnya. Immunocompromised (seperti yang dengan FIV) juga lebih rentan terhadap kurap. Kucing berambut panjang juga lebih cenderung memiliki kucing kurap daripada bulu pendek/ shorthaired.




Apakah kurap menular?

Ya. Microsporum canis khususnya sangat menular. Hal ini dapat ditularkan dari kucing ke kucing, anjing untuk kucing, kucing ke anjing, kucing dengan manusia, manusia untuk kucing dll.




Bagaimana kucing menjadi terinfeksi kurap?

Seekor kucing dapat terinfeksi dengan kurap baik oleh paparan langsung dengan hewan yang terinfeksi atau melalui lingkungan, seperti tempat tidur yang terkontaminasi, peralatan grooming, karpet & mebel. Spora yang melekat pada rambut, yang ditumpahkan ke lingkungan & dapat tetap infektif hingga 13 bulan.




Bagaimana saya tahu jika kucing saya menderita ringworm?

Tanda yang paling terlihat ketika kucing Anda terinfeksi dengan kurap adalah patch melingkar dan bulu yang rontok, terutama di sekitar kepala & kaki (meskipun dapat terjadi pada bagian lain dari tubuh juga). Tanda-tanda lain berwarna abu-abu, daerah yang tidak sempurna dari kebotakan, dengan atau tanpa kemerahan & gatal, seborrhea sicca (sejenis ketombe), kulit kering / bersisik, onikomikosis (infeksi cakar & clawbed).




Bagaimana dapat mendiagnosa ringworm?


Lampu Wood: Sebuah cara sederhana untuk mendiagnosa ringworm adalah dengan menggunakan lampu ultraviolet. Meskipun hanya sekitar 50% dari strain kurap akan muncul. Poros rambut akan bersinar hijau neon saat terkena lampu Wood.




Pemeriksaan mikroskopis: Untuk diagnosis cepat, dokter hewan Anda dapat memilih untuk melakukan pemeriksaan mikroskopis dari rambut jamur untuk pori-pori mikroskopis. Metode ini memiliki pro & kontra. Spora seringkali sulit untuk dilihat, itu yang terbaik yg dilakukan oleh  ahli mikologi berpengalaman (seorang ahli botani yang mengkhususkan diri dalam studi jamur). Jika sampel yang diambil tidak memiliki spora, diagnosis mungkin tidak akurat.

Kultur jaringan: dokter hewan Anda mungkin mengambil beberapa sampel rambut kucing Anda dari daerah terinfeksi & tumbuh mereka di laboratorium pada sebuah kultur jaringan khusus yang meningkatkan pertumbuhan jamur. Manfaat melakukan kultur jaringan adalah bahwa lab akan mampu mendiagnosa spesies yang tepat dari jamur. Ini akan memakan waktu sekitar 10 hari untuk hasilnya.

Biopsi: Kadang-kadang jika lesi terlihat seperti biasanya biopsi akan dilakukan.



Apa pengobatan untuk kurap?


Setelah kucing Anda telah didiagnosis dengan kurap Anda harus mengobati kedua hal yaitu kucing anda dan lingkungannya. Jika Anda tinggal di sebuah rumah tangga dengan beberapa kucing, semua kucing di rumah Anda akan perlu diobati. Hati-hati mengikuti petunjuk pada paket & atau oleh dokter hewan ketika merawat kucing Anda. Pada kucing sehat, kurap akan sering berlangsung dalam 2 - 4 bulan. Namun, dianjurkan Anda memperlakukan dan memperhatikan kucing Anda yang terkena kurap untuk mempercepat proses & mencegah infeksi manusia & hewan peliharaan lain.

Shampoo / Dips: dips belerang Kapur yang paling efektif. Kadang-kadang kliping kucing (kucing terutama berambut panjang) dianjurkan untuk meningkatkan efektivitas pengobatan & juga menurunkan pencemaran lingkungan. Kucing harus tidak diperbolehkan untuk menjilati mantel bulunya itu sebelum mengering karena hal ini dapat menyebabkan muntah. Mandi harus dilakukan setiap 4 - 6 hari untuk sekitar 2 - 4 minggu. Dips belerang kapur dapat menyebabkan menguning mantel bulunya, ini bagaimanapun akan memudar dalam waktu.



Griseofulvin (Fulvicin ®): Ini adalah obat anti-jamur yang paling umum digunakan & obat anti-jamur hanya dilisensikan untuk digunakan di kucingGriseofulvin menghambat pembelahan sel dinding jamur dengan mengubah struktur dan fungsi mikrotubulusHal ini memungkinkan sistem kekebalan tubuh kucing untukmendapatkan kontrol & melawan infeksi.


Dosis: Muncul dalam bentuk tablet diberikan secara lisan.Griseofulvin harus diambil dua kali seharidengan makanan &lebih disukai untuk memberi makan berlemak.

Efek Samping / Kewaspadaan: Griseofulvin tidak dapat digunakan pada kucing pejantan,  hamil atau betina anda berencana untuk berkembang biak dalam waktu 2 bulan pengobatankarena dapat menyebabkan cacat lahirEfek samping termasuk mual, demam,lesudiare, anemiaDalam kasus yang jarang Griseofulvin dapat menyebabkan supresi sumsum tulang & juga penyakit hati pada kucingJika kucing anda menjadi sakit dan mencari perhatian segera periksa ke dokter hewan. Griseofulvin sebaiknya tidak diberikan kepada kucing dengan FIVWanita hamil tidak harus menangani Griseofulvin.

Obat lain yang dapat digunakan untuk mengobati kurap meliputi: Ketokonazol (nizoral ®), ItrakonazolTerbinafine - (Lamisil ®)Berbicaralah kepada dokter hewan Anda untuk informasi lebih lanjut.



Program ® (Luthenuron): Ini telah diusulkan yang telah terbuktiefektif terhadap ringworm. Namun tidak lagi diyakini menjadi metode yang efektif untuk mengobati kurap.

Ringworm VaksinAda vaksin kurap yang dibuat oleh Fort Dodgedisebut fel-O-Vax ® MC-KVaksin ini harus diberikan kepada kucing kesehatan lebih dari 4 bulan usiadan merupakan suatu program 3 suntikanVaksin ini hanya efektif untuk M. CanisSetelah dosis awal diberikan dosis kedua diberikan 12-16 hari kemudianDosis ketiga diberikan 26-30 hari setelah dosis kedua.

Dekontaminasi LingkunganVacuum harian dan pencucian vacoom. Pemutih dilusian (1 bagian pemutih untuk 10 bagian airdapat digunakan untuk membersihkan permukaan bawahperawatan Karpet dll peralatan& soft furnishing harus  dibersihkan. Bedding & kennels juga perlu didesinfeksi.

Saya bisa tertular ringworm  dari kucing saya?
Ya, adalah mungkin bagi manusia untuk tertular dari kucing & sebaliknya.
sumber : www.cat-world.com



0 comments:

Post a Comment

Bali Cats Lover Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger