Friday, March 22, 2013

JENIS KUCING

Serba Serbi tentang kucing

berbicara tentang mahluk ini, gak bakalan abis neh episode. Bagaimana tidak? mahluk halus (berbulu halus:red) ini ada di mana-mana, cobalah kau tengok kanan kirimu, mahluk ini pasti ada. Gak salah memang kalo mahluk ini banyak yg menyukainya.

Mari kita sebut mahluk indah berbulu ini "KUCING", familiar kan di telinga?? Well, kita mulai aja dari nama latin neh mahluk, biodatanya neh gw dapet dari om wiki. Nama asline Felis silvestris catus, termasuk binatang karnivora, helloohh, tau kan artine?? kalo kagak?! hemm terlaluhh!! nah, konon katanyaa kucing ini udah berbaur dengan kite sejak 6.000 tahun SM, dimulai dari peradaban mesir kuno, kucing biasane di tempatkan di lumbung/penyimpanan makanan kala itu, untuk mengendalikan atau bahkan meneliminator tikus, maka sejak itu kucing populer dan di jadikan hewan peliharaan. Selain itu juga kucing banyak sekali jenisnya, mulai yg paling kita kenal yaitu Angora, Persia, dkk. kalo kepengen jelas, tanya om Gugel yaa.. gw sendiri disini mau bahas singkat tentang kucing (karena gw gak expert) dan sekedar sharing tentang apa yg gw tau, berdasarkan pengalaman.

kucing pertama gw dapet pas gw berumur 7 tahun, saat itu BapaK ambil dari saudaranya, warna kucing itu kuning, betina, dan namanya gw kasi nama Oneng (soale cantik banged untuk ukuran kucing) haha ^-^. setelah beberapa bulan hidup bersamanya, mulailah masalah, gw liad si Oneng sering mual mual, tentu sabagai tuan dan kakak sekaligus, gw merasa khawatir,, gak taunya?? yak elah, si Oneng bunting!!.. wow shockin' Soddaa!! sudah pasrah dengan keadaan, yowess mau apa lagi, nunggu bayi tuh keluar.

Setelah menunggu sekitar kurleb 2 minggu, si Oneng keliatan galow banged, sengaja gw pinggid doi di kamar tuh, jadine gw bisa mantau apa yg terjadi sama doi gw itu. "Miauw" suara lirih si Oneng terdengar, tak lama berselang, keluarlah ponakan gw yg pertama,, hayeeaaahhh warnae masi item putih (tipi kalee item putih haha), selajutnya warnae putih (bapanya kalee yaa), the 3rd daughter yelloww (gak salah lagi dunk, psti dari emaknya) the 4th and 5th sama warnae kuning, jadi warna kuning ada 3, betina 3 dan 2 jantan. Syukurlah, tak terasa aer mata nitik, liat perjuangan si Oneng, Yellow girl with big power, itulah Oneng. hidup Oneng!!

Oia gw lupa mitos tentang kucing juga banyak beredar, seperti kenapa kucing belang tiga(tiga warna) pasti dibunuh emaknya, gw saat itu masi deg deg an, takutnya si Oneng lahirin jantaan tiga warna, but Thanks To God, gak ada yg 3 warna. Menurut mitos yg beredar siy, katane kucing jantan tiga warna bisa mendatangkan hoki bagi yg punya, ah masa siy?? trus nape juga musti di bunuh si emak?? kalaupun ada yaa 1:3000 di dunia,, miriss yaa .. nah menurut penilitian anak bioteknik ternak (salah satu mata pelajaran terumit) pembelaannya begini neh :" Jenis kelamin diatur aleh sepasang kromosom X dan kromosom Y.
Pasangan kromosom XX = betina
Pasangan Kromosom XY = jantan

Sifat Warna bulu kucing dibawa oleh kromosom X
misal genotipe warna diwakili dengan huruf "A" maka
A = genotipe untuk warna hitam
a = genotipe untuk warna kuning
Aa = genotipe untuk kucing belang tiga (hitam, kuning dan putih)

Jadi rumus genotipe :
Betina Hitam = XAXA
Jantan Hitam = XAY
Betina Kuning = XaXa
Jantan Kuning = XaY
Betina Belang Tiga = XAXa
Jantan Belang Tiga = Gak ada kemungkinannya.

Jadi memang Jantan belang tiga kemungkinannya 0%. masi gak ngartii?? sama dunk haha, ya 
jadi Walau kemungkinannya sangat kecil tetap saja ada yang akan terbentuk rumus XAXaY tripoid (gennya berjumlah 3). Dan ini adalah rumus genotipe kucing jantan belang tiga (kucing telon jantan) yang mempunyai kelainan genetik yang bersifat letal (mematikan) dan steril (mandul) sehingga biasanya kucing sudah mati saat dikandungan atau baru lahir terus mati. Kemungkinan lain juga karena lahirnya lemah maka akan dimakan oleh induknya karena seperti halnya harimau, tikus, kucing juga mempunyai sifat kanibalisme dimana induk kucing sudah punya insting kalau anaknya tidak mungkin bisa hidup lama makanya langsung dimakan.

waduhh pegel juga yaa ngetik .. yowess sampe sini dulu deh ceritane, sebenarnya masi banyak juga serba serbi tentang kucing, tapi lain waktu yaa deh .. ketemu dengan cerita yg lain dalam episode " memelihara kucing, RAS vs KAMPUNG?? 

so folks, gw cabut dulu yaa .. cao cao

dave


0 comments:

Post a Comment

Bali Cats Lover Copyright © 2011 | Template created by O Pregador | Powered by Blogger